Sabtu, 21 November 2009

management bisnis

NAMA : Endah Kartikasari
PRODI : PCA-09-02
NIM : 30309079

Hobby : Membaca Buku

TUGAS MANAGEMENT HOBBY
Tujuan :
Bagi Individu
Memperkaya kosa kata dan memperluas pengetahuan mengenai buku-buku baik dalam negeri maupun luar negeri terutama yang bisa menunjang dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan buku sebagai inspirasi dalam hidup .
Bagi masyarakat
Dapat membantu meminimalisir buta huruf .

Rencana :
- Membuat perkumpulan bagi orang-orang yang memiliki kesamaan hobby yaitu membaca buku
- Membuat suatu perpustakaan umum
- Mengajarkan cara membaca kepada masyarakat yang belum bisa membaca dan menanamkan indahnya banyak membaca dalam diri masyarakat umumnya .
- Melaksanakan program kerja mingguan, bulanan dan semester
Keorganisasian dan Job Desk :
Perkumpulan ini diarahkan oleh seorang ketua grup yang bisa berkomunikasi dan melobi semua anggota .
Di perlukan adanya sekretaris yang bertugas untuk mencatat setiap hasil pertemuan grup membaca agar apa yang pernah di bahas dan dikupas saat pertemuan dapat menjadi inventaris yang juga merupakan bukti berjalannya suatu perkumpulan .
Dalam suatu perkumpulan tidak akan terlepas dari masalah keuangan, karena itu di butuhkan adanya pengatur keuangan yaitu bendahara yang bertugas mengatur keuangan baik pada saat mengadakan acara yang merupakan program kerja maupun acara-acara intern seperti pengumpulan uang kas untuk mengunjungi taman bacaan guna memperkaya pengetahuan tentang buku-buku yang ada tanpa harus meengeluarkan banyak uang .
Koordinator bidang pendidikan juga sangat diperlukan bagi terwujudnya program pemberantasan buta huruf, karena selain menentukan apa saja yang perlu di pelajari, bidang ini juga bertanggung jawab atas pendataan masyarakat yang buta huruf sampai dengan pelaksanaan kegiatan pemberantasan buta huruf itu berlangsung .
Program Kerja :
1) Mingguan : mengadakan perkumpulan anggota untuk melakukan sharing (bertukar pikiran) mengenai hal-hal menarik apa saja yang di dapatkan saat membaca suatu buku .
2) Bulanan : merapikan dan mengurutkan buku-buku perpustakaan serta mendata ulang daftar buku yang ada maupun yang sedang keluar (di pinjam).
3) Semester : mengadakan bedah buku bersama salah satu penulis buku best seller (sasaran peserta = umum)

Pelaksanaan Program Kerja :
1) Setiap satu minggu sekali, para anggota dapat berkumpul tentunya setelah di bagi kelompok. Kelompok ini dapat berupa kelompok diskusi yang berkewajiban mengupas tuntas hal-hal menarik pada suatu buku dan menyampaikan kembali kepada teman-teman yang lain. Dalam hal ini di butuhkan sikap saling mengingatkan agar tetap konsisten dalam mewujudkan tujuan yang telah disepakati bersama.
2) Pada hari Sabtu minggu terakhir dalam satu bulan, anggota turut membantu dalam merapihkan dan melakukan pembukuan terhadap buku perpustakaan umum .
Guna terwujudnya perpustakaan umum, anggota grup membaca dapat mengkoordinir mahasiswa lainnya untuk turut berpartisipasi dengan cara menyumbangkan buku-buku yang sudah tidak digunakan (seperti buku cerita anak, buku pelajaran SMA, dll) dalam rangka pemberantasan buta huruf di kalangan masyarakat.
Di buka pendaftaran bagi mahasiswa yang ingin berpartisipasi dan meluangkan waktu untuk turun ke lapangan agar dapat mengajarkan cara membaca kepada masyarakat yang buta huruf .
3) Sebagai acara puncak untuk mewujudkan tujuan kelompok membaca, di adakan bedah buku best seller yang sasarannya adalah masyarakat umum dan mahasiswa/I Politeknik Telkom.
Contohnya bedah buku “Pelatihan sholat khusu ‘ “ oleh penulisnya (Abu Sangkan).
Yang perlu di siapkan adalah memilih moderator yang bisa membuat suasana diskusi yang efektif di kalangan peserta dan narasumber.
Kehadiran coordinator bidang acara juga sangat dibutuhkan. Selain sebagai pengontrol jalannya acara juga harus memperhitungkan waktu pelaksanaan.
Keuangan :
- Pemasukan di peroleh dari uang kas anggota yang ditentukan dan di setujui oleh bersama. Misalnya satu minggu seribu rupiah.
- Untuk perpustakaan umum, di perlukan :
daftar buku, daftar pengunjung perpustakaan dan daftar peminjam buku
Sampul plastic (sesuai kebutuhan)
Dan lain lain
Pemasukan diperoleh dari denda bagi peminjam yang terlambat mengembalikan buku atau merusak/ menghilangkan buku yang di pinjam sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.
Pembagian jadwal menjaga perpustakaan di atur oleh coordinator pendidikan .
- Untuk Kegiatan pemberantasan buta huruf diperlukan niat yang ikhlas dan alat pengajar seperti spidol, papan tulis, buku tulis (bagi peserta).
- Acara bedah buku dibutuhkan :
Konsumsi untuk narasumber, tamu undangan dan panitia
Doorprise
Mencetak hasil dokumentasi

Evaluasi :
Kegiatan ini di pimpin oleh ketua grup membaca setiap selesai melaksanakan suatu program kerja guna mengetahui kendala-kendala yang di alami saat melaksanakan kegiatan sehingga pada acara selanjutnya tidak perlu menghadapi kendala yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar